SECUIL HUTAN DI GUNUNG PERAHU YANG DULU SELALU MENYAPA " SELAMAT PAGI PAK TORO!"

SECUIL HUTAN DI GUNUNG PERAHU YANG DULU SELALU MENYAPA " SELAMAT PAGI PAK TORO!"
pemandangan indah yang kini tinggal kenangan, HUTAN PUNCAK GUNUNG PERAHU

SERAGAM YANG BIKIN TAKUT

Baru-baru ini pemerintah Kabupaten Temanggung menginstruksikan semua PNS termasuk guru untuk berseragan kheki Senin dan Selasa. Rabu Kamis busana lurik dan batik mejeng di hari Jumat dan Sabtu.
Bukannya apa-apa tapi setiap perubahan peraturan selalu menimbulkan pro kontra. Dulu aku ingat saat guru memakai seragam Hansip, anak-anak kaget, mau ronda pak! hehe. Sekarang pakai Kheki dikira jadi perangkat desa yang mau menarik pajak. Wah serba salah. seragam memang cukup besar pengaruhnya bagi ciri khas seseorang. orang yang pakai baju loreng hijau kelihatan sangat berwibawa (pak tentara) loreng merah kelihatan sangar (kayak orang Madura mau carok). Bahkan sepatu saja juga berpengaruh kok, seperti pengalaman rekan saya sesama guru, beliau namanya pak Bowo guru olah raga. Orangnya tinggi besar. Saat bertugas jadi pengawas ujian nasional di SD lain, dimohon untuk tidak memakai sepatu yang berbunyi Tok,tok,tok. Gara-gara bunyi itu siswa yang sedang ujian strees ketakutan. Hahaha ya maklum kan masih anak-anak.
Makanya saya lebih setuju kalau guru itu tetap memakai seragam  yang menunjukkan ciri khas guru. Agar kewibawaan tetap terjaga dan terkesan menyayangi anak. Aku gak bisa bayangkan seandainya guru harus berseragam puih seperti dokter, aku yakin anak-anak ketakutan, takut disuntik.

Tidak ada komentar: