SECUIL HUTAN DI GUNUNG PERAHU YANG DULU SELALU MENYAPA " SELAMAT PAGI PAK TORO!"

SECUIL HUTAN DI GUNUNG PERAHU YANG DULU SELALU MENYAPA " SELAMAT PAGI PAK TORO!"
pemandangan indah yang kini tinggal kenangan, HUTAN PUNCAK GUNUNG PERAHU

Mengajar dengan media lcd projector


Walaupun terletak di pelosok desa, sd ku sudah menggunakan lcd projector untuk kegiatan belajar.
Pembelajaran jadi makin baik. Siswa makin mudah menangkap materi pembelajaran. Bisa memutar video, melihat gambar dan membuka buku BSE lewat media ini. Selama ini hal itu sulit dilakukan.
Tapi semua itu harus dibayar cukup mahal. Karena harga alat dan cd pembelajaran cukup mahal harganya. Belum lagi tidak semua guru bisa mengoperasikannya.
Tapi menurut pengamatanku hasil belajar jadi makin baik. Karena siswa bisa melihat mendengar sekaligus terhibur dengan media itu. Ingatan anak jadi lebih bagus.
Tapi semua itu memang masih jauh dari bukti nyata. Bukti nyata dari semua itu akan kelihatan saat hasil ujian nasional. Bisakah siswaku meraih nilai yang baik.
Itu semua adalah tantangan yang akan saya buktikan. Semoga berhasil.

MENGEJAR MATAHARI I

Ini adalah hasil pengamatanku tentang kehidupan masyarakat gunung perahu.
Khususnya yang berhubungan dengan tanaman tembakau.
Menanam tembakau sepertinya sudah menjadi tradisi penduduk berhawa dingin ini. Mereka merasa belum lengkap bila tidak menanam tembakau.
Padahal tembakau belum tentu menguntungkan bagi petani. Akhir-akhir ini harga bahan utama rokok itu semakin merosot.
Apalagi usaha tembakau itu aku anggap seperti lingkaran setan.
Asal tahu saja modal menanam tembakau umumnya berasal dari hutang pada juragan di kota yang disebut istilah satu setengah.
Artinya pinjam uang 1 juta kembali 1 setengah juta. Nasib petani belum sampai disitu. Tembakau hasil jerih payah petani dibeli dengan harga seenaknya dibawah harga pasar oleh juragan yang meminjami uang itu. Baru kalau uang pinjaman lunas sisa hasil tembakau boleh dijual ke tempat lain dengan harga pada umumnya.
Keuntungan juragan sungguh berlipat. Petani yang terpuruk.
Anehnya, umumnya petani tembakau merasa bangga bila bisa pinjam uang ke juragan.
Yang tidak habis pikir lagi saat mereka dapat keuntungan, tidak berpikir untuk menabung. Kan bisa buat modal to! Malah buat beli sepeda motor atau yang lainnya.
Untunglah kaum muda yang umumnya berpendidikan lebih maju mulai merintis sistem baru. Mereka mulai tidak tergantung dengan uang pinjaman. Bahkan mulai menanam komditi selain tembakau. Seperti kentang,sayur,dan lombok. Bahkan ada yang sukses taman kopi dan jambu biji. Pada posting berikutnya saya akan menceritakan proses pengolahan tembakau.

Mengantar pak Imam pindah ke SDN 2 NGADIRJO

Hari ini keluarga besar SD SARANGAN mengantarkan pak Imam pindah ke tempat tugas yang baru. SDN 2 NGADIRJO.
Mulai besok saya dan teman- teman guru beserta semua siswa SD Sarangan, sudah tidak lagi melihat pak Imam mengajar di sd kami. Tak bisa lagi melihat sosok guru yang pandai menyanyi.
Kini beliau cukup menempuh jarak 18 km untuk sampai ke tempat tugas.
Selamat jalan pak! Doa kami menyertai.
Aku sebagai rekan kerja merasa sedih membayangkan nasib diriku ini. Harus menempuh 62 km untuk sampai ke sd pulang pergi 124 km.
Ya Alloh, mohon diberi ketabahan, mohon agar aku bisa segera pindah.

BATAS KETEGUHAN HATI

Katanya semua kemampuan manusia itu ada batasnya. Seperti halnya diriku ini.
Awal bulan agustus ini pak Imam resmi pindah. Aku jadi kehilangan seorang rekan kerja lagi yang bisa untuk ngangsu kawruh atau cari ilmu keguruan.
Beliau itu gape atau profesional dalam bidang pendidikan maupun administrasi. Sampai saat ini dia jadi guru privat yang cukup terkenal. Ahli musik,guru yang profesional dan pengurus organisasi yang cukup tahan banting. Hampir 8 tahun dia mengapdi di sd Sarangan.
Aku makin kesepian di tempat yang memang sudah sepi. Tuhan aku mohon ketabahan dan jadi tambah amal ibadahku. Semua aku pasrahkan padamu.

PEKERJAAN BERAT GURU SD

Semakin lama beban hidupku makin berat. Tahun ini aku bertugas mengajar kelas 6 yang tentu lebih berat dibanding mengajar kelas lain. Soalnya kelas 6 harus persiapan ujian. Tambah lagi harus menengang administrasi BOS. Sudah tugasnya jauh tambah tugas lagi. Aku ragu untuk melaksanakannya. Tapi tugas tetap tugas. Tetap harus dilaksanakan. Orang lain saja bisa, kenapa saya tidak. Aku menyukai tantangan. Jalan terus pantang mundur.

Membuat video pembelajaran sederhana

Saya punya pengalaman membuat video pembelajaran sederhana, dengan menggunakan video editor bawaan ponsel nokia 6120. Caranya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah ini.
1. Siapkan semua bahan berupa materi, foto, gambar dan video klip buatan sendiri atau ambil dari sumber lain. Misalnya dari bse, bahan tersebut diambil dari pc lalu pindah ke ponsel.
2. Pakai video editor untuk pasang gambar klip video maupun suara kita sendiri. Di langkah ini kita harus telaten sabar dan kreatif. Bagian per bagian kita buat lalu baru digabung. Sebaiknya jangan langsung di gabung karena akan lama memprosesnya.
3. Pindah video klip yang sudah jadi ke pc. Langsung deh bisa kita tayangkan lewat lcd proyektor. Pakai tv juga bisa kok tapi formatnya harus di ubah dulu ke format mpeg. Kita bisa memutarnya pakai vcd player.
Selamat mencoba !

Tahun ajaran baru tantangan baru pekerjaan baru

Bagi sebagian orang menganggap jadi guru itu enak, siswa libur guru juga libur.
Tapi sebenarnya tidak seperti itu justru di hari libur banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Penerimaan siswa baru, laporan administrasi,pembuatan ijazah dan lain-lain.
Bagi yang rumahnya dekat dengan tempat kerja sih tidak jadi masalah. Tapi bagiku menjadi tantangan tersendiri. Ongkos transpot justru membengkak. Tiap hari harus lajo.
Besok pagi sudah tahun ajaran baru, siswa baru, tantangan juga baru dan presidennya baru. Semoga ada perubahan baru memperbaiki nasib guru.

RUMAH MEWAH PEMBAWA SIAL

Cerita berikutnya adalah cerita tentang pak Jodi dan bu Manda, mereka pasangan suami istri pengusaha sukses di jakarta. Dua orang itu terdampar sampai di dusunku gara-gara jadi korban penipuan. Mereka bangkrut. Entah bagaiman ceritanya mereka bisa sampai ke rumah megah yang aku juluki rumah sial ini. Kalau tidak salah mereka ke temanggung untuk mencari pencerahan. Gara-gara kebangkrutan yang dialami juga adanya penyakit pada bu Manda. Katanya sih mereka tertipu rekanan kurang lebih 1 milyard. Wah banyak sekali ya! Penipuan oleh rekan bisnis mereka dengan kedok pembebasan tanah di PLTA Indramayu. Kurang lebih dua bulan mereka tinggal di sini. Makan dan minum seadanya. Istri saya bisanya membantu seadanya. Sampai tersiar kabar bila anak mereka di Jakarta sakit. Akhirnya mereka pulang. Sampai saat cerita ini saya tulis saya tidak tahu lagi keberadaan mereka. Saya hanya berharap mereka bisa menyelesaikan masalah mereka dengan baik dan bisa kirim kabar pada kami. Pak Jodi dan bu Manda doa kami selalu menyertai dimanapun berada. Semoga sukses selalu. Jika ada pembaca yang tahu keberadaan mereka. Tolong kasih tahu kami.

RUMAH MEGAH PEMBAWA SIAL II

Cerita ini lanjutan cerita sebelumya. Tentang misteri rumah pembawa sial bagi penghuninya. Setelah suami istri pemilik rumah itu meninggal, langsung berganti kepemilikan yaitu seorang pengusaha muda yang mulai naik karirnya. Dia mempunyai beberapa toko besi di beberapa tempat. Karena rumah ini cukup strategis maka langsung dirubah menjadi toko juga. Tapi entah mengapa sedikit demi sedikit nasib buruk menimpanya. Mulai dari toko yang satu demi satu di tutup. Rumah tangganya berantakan karena kasus asmara, dan puncaknya rumah itu sertifikatnya di sita oleh bank karena terlilit hutang yang tidak terbayarkan. Pengusaha muda itu nasibnya jadi tidak menentu. Selalu dikejar kejar debt collector. Untuk menambah pemasukan maka rumah itu sering di kontrakkan. Nah orang orang yang mengontrak itu juga punya cerita sendiri yang juga sial.

Rumah megah pembawa sial

Aku akan menceritakan rumah megah yang aneh yang selalu membawa sial bagi penghuninya. Apabila rumah itu ada penghuni baru aku sebagai tetangga terdekat langsung merasa tidak enak. Bukan karena apa-apa tapi biasanya orang yang mengontrak rumah itu sering tidak beres. Rumah itu berhantu tidak ada air bersih maupun listrik. Akan saya ceritakan macam- cerita tentang peristiwa yang menimpa penghuni rumah aneh itu. Mulai dari awal sampai cerita terbaru yang menimpa keluarga pak Harun baru-baru ini. Tapi cerita ini akan saya ceritakan secara berseri. Ikuti terus ceritanya ya! Rumah sebelah tempat tinggalku itu pertama dibeli oleh keluarga pensiunan dari Ambarawa. Sudah tua semua orangnya aneh aneh. Dia menganut ajaran Kepercayaan atau di tempatku beristilah KEJAWEN. semenjak bermukim di situ mulailah satu demi satu kesialan menimpa. Burung peliharaannya lepas. Lalu sang suami yang memang sudah tua dan uzur sakitnya makin parah. Malah hampir saja rumah itu dijadikan tempat ' ibadah ' atau tempat pemujaan penganut aliran kejawen karena rumah itu oleh yang empunya mau dihibahkan sebagai rumah ibadah. Untung pemerintah desa sigap langsung melarangnya. Alasannya demi menjaga ketentraman. Perlu diketahui bahwa persis di depan Rumah itu ada musholla. Belum satu bulan berikutnya sang suami meninggal dunia. Berikutnya anak dari pasangan itu minta harta warisan sehingga sering terjadi keributan. Entah karena apa sang istri tidak sampai 40 hari juga ikut menyusul sang suami tercinta ke alam baka. Jadilah harta warisan jadi rebutan. Akhirnya rumah megah itu dibeli oleh pengusaha muda yang baru melambung karirnya. Tapi pengusaha itu bernasib sama. Kesialan menimpanya sampai dia bangkrut. Ikuti cerita berikutnya ya.

Rumah megah pembawa sial

Aku akan menceritakan rumah megah yang aneh yang selalu membawa sial bagi penghuninya. Apabila rumah itu ada penghuni baru aku sebagai tetangga terdekat langsung merasa tidak enak. Bukan karena apa-apa tapi biasanya orang yang mengontrak rumah itu sering tidak beres. Rumah itu berhantu tidak ada air bersih maupun listrik. Akan saya ceritakan macam- cerita tentang peristiwa yang menimpa penghuni rumah aneh itu. Mulai dari awal sampai cerita terbaru yang menimpa keluarga pak Harun baru-baru ini. Tapi cerita ini akan saya ceritakan secara berseri. Ikuti terus ceritanya ya! Rumah sebelah tempat tinggalku itu pertama dibeli oleh keluarga pensiunan dari Ambarawa. Sudah tua semua orangnya aneh aneh. Dia menganut ajaran Kepercayaan atau di tempatku beristilah KEJAWEN. semenjak bermukim di situ mulailah satu demi satu kesialan menimpa. Burung peliharaannya lepas. Lalu sang suami yang memang sudah tua dan uzur sakitnya makin parah. Malah hampir saja rumah itu dijadikan tempat ' ibadah ' atau tempat pemujaan penganut aliran kejawen karena rumah itu oleh yang empunya mau dihibahkan sebagai rumah ibadah. Untung pemerintah desa sigap langsung melarangnya. Alasannya demi menjaga ketentraman. Perlu diketahui bahwa persis di depan Rumah itu ada musholla. Belum satu bulan berikutnya sang suami meninggal dunia. Berikutnya anak dari pasangan itu minta harta warisan sehingga sering terjadi keributan. Entah karena apa sang istri tidak sampai 40 hari juga ikut menyusul sang suami tercinta ke alam baka. Jadilah harta warisan jadi rebutan. Akhirnya rumah megah itu dibeli oleh pengusaha muda yang baru melambung karirnya. Tapi pengusaha itu bernasib sama. Kesialan menimpanya sampai dia bangkrut. Ikuti cerita berikutnya ya.

IKUT SEMINAR INDONESIA FISCAL STUDY DI TEMANGGUNG YANG PANITIANYA PAYAH

Untuk menambah ilmu perpajakan kami ikut seminar perpajakan. mahal lho ongkosnya 200 ribu. Tapi panitia payah kursi kurang snack tidak kebagian. Capek deh! Gimana mau konsentrasi ikut seminar duduk saja lesehan. Buat panitia Indonesia Fiscal Study di temanggung selamat buat sampeyan. Saya cuma bisa mengeluh tidak bisa apa2. Untung kami ini guru yang terkenal berkarakter sabar.

PRAKTEK MENGAJAR

Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aku ikut kuliah S1 PGSD UT. saat ini baru semester 4 masih jauh dari selesai. Semester ini ada mata kuliah PKM kepanjangan dari Pemantapan Ketrampilan Mengajar. Saya harus praktek mengajar sebanyak 10 kali di SD sendiri latihan ujian 2 kali dan ujian 1 kali di sd kota yang di tunjuk. Praktek di SD sendiri sih tidak ada masalah. Tapi pas latihan dan ujian di sd lain itu yang menghasilan banyak cerita. Lucu,aneh bahkan mengerikan. Umumnya mahasiswa yang notabenenya dah kenyang mengajar, pas praktek ujian di SD lain pada grogi padahal tiap hari ya mengajar. Karena saat ujian praktek itu ditunggui dosen pembimbing. Di sini akan kelihatan guru mana yang lihai mengajar sama guru yang cuma 'tampang doang'. Ada yang ,blangkemen(tidak bisa ngomong:bhs jawa) Bahkan ada guru yang menangis karena siswanya bubar sebelum selesai praktek. Tapi banyak juga yang sukses. Kalau aku sih dipuji oleh dosen pembimbing bahkan dibilang contoh GURU MASA DEPAN he sombong nih yee! Hal ini bukan tanpa alasan soalnya aku pakai teknologi canggih sebagai media pembelajaran. Yaitu televisi. Aku buat video pendek dan gambar seri yang ku tayangkan di tv. Jadi aku tidak banyak ceramah sepeti penjual jamu ha ha. Siswa senang guru tenang tujuan pembelajaran tercapai. Siapa mau ikut pakai metode ini ? Silahkan gratis lho!

Ulang tahunku yang terlupakan

Setiap orang pasti punya hari ulang tahun(jelas dong) aku sering memberikan ucapan selamat ulang tahun pada saudara dan teman yang aku kenal bahkan hadiah ulang tahun pada anak istri. Intinya ya biar mereka merasa senang sudah ada yang memperhatikan. Tapi seumur hidupku baru satu kali aku mendapat ucapan selamat ulang tahun itupun bukan dari keluarga atau teman dekatku. Dia Danang PPS kecamatan Dia tahu hari ulang tahunku dari KTP yang aku serahkan saat mejadi KPPS pemilu 2009. Aku begitu bangga bahagia walaupun hanya karena sebuah ucapan. Sayangnya itu bukan dari anak ataupun istriku yang tiap tahun aku beri ucapan bahkan hadiah ulang tahun. Ha ha nggak apa apa aku ikhlas kok. [IKHLAS KOK NGEDUMEL, HA HA HA] makanya jangan sungkan2 mengucapkan selamat ulang tahun pada siapa saja ya!

BAKSO SBY

Bukan karena masa kampanye aku menulis soal ini, dan bukan mau menceritakan hal yang tidak baik. Saya mau cerita tentang kenyataan yang ada di kota Parakan kota yang selalu aku lewati bila berangkat atau pulang kerja. Dekat klenteng atau depan SMP Remaja Parakan ada penjual bakso nyentrik. Penjual bakso itu pakai mobil yang diparkir pinggir jalan ditutupi kain oranye yang bertuliskan 'BAKSO SBY' singkatan dari SPECIAL BAKSO YAHUD ( ha ha ada ada saja ) Semula aku cuek, tapi karena hampir tiap saat melewati jalan itu aku jadi penasaran. Aku lalu mampir bersama teman akrabku yang sekaligus berprofesi sama dan tempat tugas sama juga. Belum hilang rasa penasaran eh masuk ke tenda makin heran disuguhi menu yang tidak kalah gilanya. Ada bakso 'mercon' (bakso isi sambal hati super pedas ) bakso 'londo' isi keju bakso kerikil isi kacang dan ada lagi bakso isi sate kambing yang aku lupa namanya. Tidak ketinggalan 'Bakso SBY' aku coba bakso pilihan terakhir ini. Tambah sup buah. Setelah aku makan rasa bakso ini tidak sehebat namanya maklum harganya cuma 5000 hi hi . Aku kagum pada penjualnya yang kreatif membuat orang jadi pemasaran ingin mampir dan mencoba. Aku saja masih penasaran ingin merasakan ledakan bakso mercon. Ha ha mau coba silahkan saja

Happy birth day pak guru

Happy birth day pak guru ! Itulah sebuah kalimat yang bagi kebanyakan orang merupakan hal lumrah. Tapi bagi diriku kalimat itu begitu istimewa. Seumur hidupku yang sudah jadi 38 tahun ini baru hari inilah ada orang yang mengucapkan selamat ulang tahun. Ucapan selamat itu aku terima lewat sms dari Danang. Dia tahu ulang tahunku dari KTP yang aku serahkan untuk syarat jadi KPPS pemilu April mendatang. Ulang tahun merupakan hal biasa bagi sebagian orang bahkan bukan merupakan hal istimewa. Tapi suatu hal biasa bisa jadi luar biasa bila dilakukan pada saat yang tepat. Seperti ulang tahunku ini dia mengucapkan secara biasa saja tapi jadi istimewa bagiku. Aku jadi senang dan bangga. Ada satu lagi pelajaran yang bisa aku ambil, yaitu kita bisa menyenangkan orang lain bisa tanpa biaya. Mengucapkan selamat ulang tahun misalnya. Bagi yang berulang tahun akan merasa bangga to he he

MBAH LEGI MENINGGAL DUNIA


Seperti pernah aku ceritakan sebelumya, ada seorang nenek berumur 130 tahun lebih yang masih sehat. Pada hari sabtu tanggal 10 Januari 2009 ini meninggal karena saking tuanya. Dia sudah lama sakit atau mungkin bisa disebut uzur. Bagaimana tidak uzur lha wong dia sudah tidak bisa apa-apa tapi masih doyan makan. Sampai-sampai anak cucunya sering bilang " Mbah sampeyan ( kamu ) matinya kapan sih ? Mbah Legi cuma tersenyum lugu. Ya maklum dia sudah tuli dan ompong jadi senyumnya malah membuat takut anak kecil.
Bukan berarti anak cucu mbah Legi itu tidak sayang lagi sama neneknya tapi mungkin karena sudah begitu lelah merawatnya. Sampai salah seorang anaknya pergi ke mbah Tamping yang merupakan tokoh masyarakat di dusun Sarangan. Anak tertua dari mbah Legi itu menanyakan kapan saat matinya ibunda tercintanya itu. Mbah Tamping cuma jawab " ya cari saja kandi /karung terus mbokmu itu dimasukkan ke situ. Terus hanyutkan ke sungai. Saat itulah ibumu mati " Anak tertua mbah legi itu diam saja. " betul to mas guru , yu Legi biar bisa mati " aku yang memang sejak tadi bertamu ke rumah mbah Tamping ikut tersenyum geli. Segala sesuatu itu ada batasnya le ! Kalau kelak simbokmu memang sudah dipundut ya mesti mati to! Mati kok diarep-arep. Kalau masanya mati ya mati.
Aku mendengar semua itu jadi tersadar akan dua hal. Yang pertama aku ingat nasehat almarhum bapakku " segala sesuatu itu jangan EN kewaregen kepinteren dan lain lain atau jangan berlebihan. Seperti umur yang berlebihan mbah Legi. Yang kedua soal segala sesuatu pasti ada masanya ada saatnya.
Seperti aku sering merenung kapan ya aku bisa pindah mengajar ke tempat yang lebih dekat? . Yah aku sekarang cuma pasrah kalau memang masanya pindah ya bisa pindah. SELAMAT JALAN MBAH ! DOAKU MENYERTAIMU